Megahnya Bandara Kalimarau

Bandara ini seakan-akan dicabut dari kota metropolitan macam Makassar kemudian dijatuhkan di tengah hutan Kalimantan. Bandara Kalimarau di Tanjungredeb ini memang tidak lumrah. Untuk ukuran sebuah bandara di pelosok Kalimantan, bangunannya modern dan desainnya pun glamor.

Dua tahun empat kali saya mendarat ke pelabuhan udara ini. Utamanya adalah urusan kastamer di lubuk batu bara, tetapi sekali ini soalan plesir. Bagi yang baru pertama kali terbang kemari, besar kemungkinan dari Balikpapan, lazimnya tidak akan menduga bahwa Berau punya bandara megah. Tidak hanya desain bangunannya, tempat pengambilan bagasi hingga ruang tunggunya pun mengkilap.

Pemerintah Berau tidak main-main soal ini, karena akses freeway menuju arah kota dan Singkuang juga sedang menjalani konstruksi. Saya masih ingat empat tahun lampau untuk mencapai bandara megah ini harus melintasi jalanan berbatu berlumpur. Salah-salah mobil penjemput saya pernah terperosok dalam kubangan sebesar lubang meteor.

Diresmikan setengah dekade lebih awal daripada bandara modern Sepinggan dan Supadio, boleh dikata Bandara Kalimarau adalah pelopor bandara modern di seantero Kalimantan. Saya pun tidak akan kaget apabila dalam waktu dekat Berau juga menjadi pelopor tol bandara pertama di pulau ini.