Di Bawah Kaki Tampaksiring

“Presiden Soekarno bikin istana itu di atas sana, kadang bawa teropong,” kata kakek itu sambil terkekeh ketika duduk di sebelah saya di halaman Pura Tirta Empul. Pura yang dibangun di luasan mata air Tukad Pakerisan ini memang berada tepat di bawah kaki Istana Tampaksiring.

Entah benar atau tidak. Banyak cerita masyarakat bahwa Bapak Proklamator kita itu gemar duduk-duduk di teras istana yang terletak di atas bukit. Dari atas sana sang presiden akan meneropong ke pemandian Pura Tirta Empul yang terletak di bawah kakinya.

Pagi itu saya baru saja dari telatar pemandian yang sama. Membasuh diri di pancur-pancurnya sebelum melanjutkan perjalanan lebih jauh ke utara. Sementara di gerbang masuk mulai tertampak sekelompok masyarakat berdatangan lengkap dengan pakaian adatnya. Lazimnya memang setiap menjelang malam purnama seperti ini ritual panglukatan digelar.

Saya pun bangkit dari tempat duduk. Mengucapkan salam kepada si kakek tadi sebelum melangkah ke lokasi parkir sepeda motor. Mungkin hari ini saya memang tidak punya banyak waktu.

“Selamat jalan. Jangan lupa nanti beli salak di tempat saya.”