Kota Terluas yang Tidak Besar

“Apabila kamu hitung wilayah administrasinya, maka kota ini adalah kota terluas di Indonesia,” selorohan saya yang enteng itu langsung disambut dengan tatapan alien oleh Awhy.

Demikianlah banyak orang yang mengira bahwa Kota Tidore Kepulauan hanya mencakup wilayah Soasio, padahal tidak. Wilayah administrasi Kota Tidore Kepulauan mencakup kawasan kaki barat Pulau Halmahera yang berarti juga menaungi Sofifi dan sekitarnya. Tidak mengherankan apabila kita hitung dari luas wilayahnya yang melintasi kedua pulau ditambah lautnya, maka kota ini adalah kota terluas di nusantara!

“Kalau tanpa laut, Tidore pun masih nomor tiga setelah Palangkaraya dan Dumai,” pungkas saya.

Meskipun luas wilayahnya begitu besar, Tidore dari sini tidak terlihat besar lantaran saya berada di Soasio, sebagian kecil dari kawasan Kota Tidore Kepulauan yang terletak di sebuah pulau kecil yang terpisah dari Pulau Halmahera. Di pulau kecil inilah Kesultanan Tidore yang mengguncang nusantara beratus-ratus tahun silam berpusat.

Jalanan Kota Tidore yang beraspal mulus pun tidak terlihat banyak aktivitas, dibandingkan dengan Kota Ternate kawasan ini jauh lebih kalem seakan-akan aktivitas ekonominya tidak tersingkap. Saya bersama Awhy berjalan berdua menyusuri jalanannya yang terasa lebih mirip jalanan kampung di Pulau Jawa, sementara di kanan kiri jalan terlihat rumah-rumah penduduk yang tidak menampakkan aktivitas. Satu-satunya tanda-tanda kehidupan yang saya temui adalah ketika sebuah bentor meluncur kencang kemudian menurunkan seorang ibu gemuk di ambang gang.

Sesudahnya, Kota Tidore kembali menjadi perkampungan yang sepi senyap.

“Ini memang setiap hari sepi seperti ini ya?” tanya saya kepada Awhy namun dia tidak menjawab. Nampaknya dia juga tidak terlalu tahu dengan kondisi Kota Tidore lantaran dia mengaku agak trauma harus naik kapal dari rumahnya di Kota Ternate.

Pandangan saya tertuju kepada sebuah bangunan bercat kuning dan beratap biru, rumah tersebut nampak begitu terawat dan sudah pasti merupakan simbol penting kota ini. Tidak salah. Itu adalah Kraton Kesultanan Tidore yang selama ini hanya pernah saya baca dari buku pelajaran sejarah sekolah dasar.