Antara Rempang dan Galang

Boleh dibilang Pulau Rempang adalah penyangga ekosistem bagi jalinan mini-arkipelago Batam Rempang Galang (Barelang). Hutan-hutan Pulau Rempang yang awet dianggap sebagai penyeimbang bagi dentum industri Batam dan pesona historis Galang. Namun konsep tersebut dikhawatirkan tidak akan lama lagi bertahan.

Jalan raya mulus yang membelah pulau ini dan masuknya jaringan listrik punya satu makna, masuknya investor. Ada usaha dari pemerintah untuk membukakan akses teruntuk para investor menuju ke Pulau Rempang.

Hutan lindung yang dulunya menopang ekosistem Pulau Rempang kini terancam disingkirkan untuk membuka ruang bagi pembangunan, belum lagi pembakaran lahan yang belakangan ini semakin marak. Dengan rusaknya hutan tropis dan hutan bakau yang ada di pulau ini, ancaman abrasi, tanah longsor, hingga banjir pun mengintai setiap saat.

Pulau Rempang dan Pulau Galang terpisahkan oleh sebuah pasase laut sempit, yang pada titik terdekatnya hanya selebar seratus lima puluh meter. Di sanalah dibangun sebuah jembatan antar-pulau yang memompakan denyut ke kedua pulau kecil ini.

“Orang ke Pulau Rempang ya biasanya cuma mau lihat Jembatan Barelang,” lanjut Pak Usman seraya menyeduh secangkir kopi untuk saya siang itu di tepi aspal sepi Barelang, “Selebihnya ya cuma orang lewat, mau ke Pulau Galang untuk lihat kampung Vietnam.”

Demikian pula dengan saya. Sebelumnya tidak pernah terlintas apapun di benak saya ihwal Pulau Rempang. Yang ingin saya telusuri tadi hanyalah kamp pengungsi Vietnam yang terletak di Pulau Galang. Di sana saya akan mencoba untuk menelusuri sejarah kawasan pengungsi UNHCR yang kini tidak lebih dari sebuah tontonan wisata.

Saya mengucapkan salam perpisahan kepada Pak Usman. Perjalanan dilanjutkan lebih jauh ke selatan dengan menggeber sepeda motor melintasi jalan raya yang sunyi senyap. Bukit-bukit bertanah merah yang mulai gundul di kanan kiri jalan seakan mengingatkan saya bahwa di masa depan saya mungkin tidak akan lagi berkesempatan menikmati Pulau Rempang dalam wujud aslinya.